Rss Feed Facebook Twitter Google Plus

post:


Sunday, June 23, 2013

Washi Ningyou (和紙人形)


Jepang memiliki berbagai macam tradisi dan budaya yang unik, dimana masing-masing budaya tersebut memiliki arti dan nilainya masing-masing. Kerajinan-kerajinan tangan dari Jepang pun sangat dikenal oleh negara-negara asing. Di samping origami dan ikebana, salah satu kerajinan tangan Jepang yang terkenal adalah Washi Ningyou.

Washi Ningyo berasal dari kanji Wa (和) yang berarti Jepang, dan Shi (紙), yaitu kertas. Sementara Nin (人) berarti orang, dan Gyou (形) adalah bentuk. Apabila disatukan Washi Ningyo berarti bentuk orang dari kertas. Washi nigyou. Washi Ningyo bisa memiliki penampilan tiga dimensi layaknya boneka pada umumnya dan ada pula yang dua dimensi.



Kerajinan Washi Ningyo menggunakan kertas khusus. Washi (和紙) atau wagami adalah kertas yang dibuat dengan metode tradisional di Jepang. Dibandingkan kertas produksi mesin, serat dalam washi lebih panjang sehingga washi bisa dibuat lebih tipis, namun tahan lama (tidak lekas lusuh atau robek).



Di Jepang, washi digunakan dalam berbagai jenis benda kerajinan dan seni seperti origami, shodō dan ukiyo-e. Washi juga digunakan sebagai hiasan dalam agama Shinto, bahan pembuatan patung Buddha, bahan mebel, alas sashimi dalam kemasan, bahan perlengkapan tidur, bahan pakaian seperti kimono, serta bahan interior rumah dan pelapis pintu dorong. Washi digunakan sebagai bahan uang kertas sehingga uang kertas yen terkenal kuat dan tidak mudah lusuh.



Produksi washi sering tidak dapat memenuhi permintaan konsumen sehingga berharga mahal.
Selain karena harga kertas washi yang mahal, di Indonesia sendiri kualitas kertas washi belum terlalu baik. Kertas washi ada berbagai macam jenis dan memiliki tekstur yang khas. Kertas washi biasanya terbuat dari serat-serat pohon tertentu dan biasanya diproduksi di daerah tertentu saja. Ada ratusan jenis kertas washi, mari kita kenali beberapa diantaranya.



Kertas Sugiharagami (杉原紙)
Kertas Sugihara adalah kertas hand-made dari yang digunakan oleh kekaisaran dan bangsawan dari Periode Heian (794-1185) hingga Periode Muromachi (1338-1573). Di Zaman Meiji (1868-1912) murbei, bahan pembuatan kertas ini mengalami kelangkaan dan produksi menurun. Produksinya kembali berjalan  pada tahun 1970.

Kertas mashi
Mashi adalah kertas yang dibuat dengan cara pembuatan kertas yang paling tua. Bahan baku dari serat pohon Cannabis sativa L. (hemp) dan Boehmeria nivea (sejenis rami), serta jala usang yang tidak bisa lagi dipakai menangkap ikan ditambah kain bekas dari serat rami. Kain bekas dari rami mempunyai serat yang kuat sehingga harus dipotong-potong kecil dulu sebelum direbus atau digiling dengan penggilingan batu.

Kertas kokushi
Kokushi adalah sebutan untuk kertas dengan bahan baku pohon murbei kertas (Broussonetia kazinoki atau dalam bahasa Jepang disebut koku). Bahan baku berasal dari serat kulit dari dahan pohon yang masih muda. Kulit dahan pohon harus direbus dulu sebelum dapat dibuat kertas.

Kertas hishi 雁皮紙 (ganpishi)
Hishi atau ganpishi adalah sebutan untuk jenis kertas dengan bahan baku tanaman perdu Diplomorpha sikokiana (ganpi) atau Edgeworthia chrysantha (mitsumata). Serat kertas pendek-pendek dan permukaan kertas yang halus bercahaya sehingga dikenal sebagai kertas torinoko.

Kertas danshi (michinokugami)
Bahan baku utama adalah kulit dahan yang masih muda dari pohon suku Celastraceae (nishiki). Kertas jenis ini berwarna putih dan tebal.


Kozogami (楮紙)
Kozogami terbuat dari daun mulberry dan merupakan jenis kertas yang umumnya dipakai untuk membuat washi. Kertas ini hampir menyerupai bahan pakaian dan tak cepat rusak jika terkena air.

Mitsumatagami (三 桠 纸)
Mitsumatagami memiliki berwarna seperti gading, permukaan halus dan digunakan untuk shodo serta pencetakan. Pada zaman Meiji, kertas ini digunakan untuk mencetak uang kertas.

Wah, ternyata sangat banyak jenis kertas washi. Karena diolah dengan sangat hati-hati, kertas-kertas tersebut memiliki kualitas tinggi dan menyebabkan harga washi menjadi mahal. Jika ingin mencoba mebuat washi ningyou, kita bisa menggunakan kertas origami. Pilihlah kertas bermotif Jepang, yang bisa Anda dapatkan di toko buku atau pun toko yang menjual barang-barang dari Jepang.


Sumber:
http://news.liputan6.com/read/233393/washi-ningyo-kerajinan-boneka-kertas-jepang
http://en.wikipedia.org/wiki/Washi
http://id.wikipedia.org/wiki/Washi


Share This :

0 comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Flag Counter

free counters

My Blog List

Followers