Rss Feed Facebook Twitter Google Plus

post:


Sunday, June 23, 2013

Chanoyu (茶の湯)


Pernah dengar kata “Chanoyu”? Chanoyu dikenal sebagai “Upacara Minum Teh” tetapi arti secara harafiahnya adalah ‘air panas untuk teh’. Namun kemudian berkembang lebih luas menjadi upacara minum teh dalam tradisi Jepang, yang sangat dipengaruhi oleh Buddha Zen Itulah sebabnya, dalam chanoyu setiap peserta diharapkan mengalami ketenangan. Karena chanoyu sendiri dianggap sebagai bagian dari meditasi untuk mendapatkan keseimbangan jiwa (ketenangan diri).

Secara sederhana Chanoyu dapat diartikan sebagai perpaduan dari berbagai seni Jepang yang berfokus pada ‘persiapan’ dan ‘penyajian‘ semangkuk teh sepenuh hati. Istilah chanoyu sendiri bisa juga disebut chadou atau sadou. Wa Kei Sei Jaku (keharmonisan, penghormatan, kemurnian dan keterampilan) adalah prinsip yang dipegang teguh para praktisi Chanoyu yang juga dipraktekkan dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Pada hari ini, saya dan teman-teman berkesempatan untuk melihat sendiri bagaimana tata cara upacara minum teh tersebut. Ruangan kelas kami pun telah berubah menjadi chashitsu (ruang teh). Banyak peralatan untuk upacara minum teh telah berada di kelas. Nah, kali ini, saya ingin membahas apa saja alat-alat untuk upacara minum teh tersebut.

Misonodana

Misonodana adalah 1 set meja/gerobak untuk melakukan upacara teh, terdiri dari 2 buah meja yang saling terhubung dan 2 buah kursi tatami (masing-masing untuk penyaji teh dan asistennya).

Beberapa peralatan yang digunakan dalam upacara minum teh:


1. Chawan (茶碗)
Mangkuk teh (biasanya dengan hiasan di satu sisi untuk menandakan bagian depan mangkuk).

2. Chashaku (茶杓)
Sendok kayu untuk mengambil teh dari Natsume (toples untuk menyimpan bubuk teh).

3. Chasen (茶筅)
Pengaduk teh dari bambu (terdiri dari 2 macam ukuran dengan jumlah ruas bambu yang berbeda yaitu 18 dan 20 ruas)

4. Chakin (茶巾)
Kain katun putih untuk membersihkan chawan



5. Hishaku (柄杓)
Hiskahu  adalah sendok yang terbuat dari bambu untuk mengambil air, baik air panas atau dingin selama proses mengolah teh.

6. Kensui (建水)
Tempat air kotor (setelah dipakai membersihkan chawan)

7. Futaoki (蓋置き)
Futaoki biasanya terbuat dari bambu dan berfungsi sebagai tatakan untuk tutup ketel atau sendok air hishaku yang terbuat dari bambu.

8. Natsume (棗)
Toples kayu tempat menyimpan bubuk teh.


9. Fukusa (袱紗)
Sapu tangan khusus untuk membersihkan Natsume dan Chashaku.


10. Kaishi (懐紙)
 Kertas alas kue



Saat melakukan upacara Chanoyu, kita akan diminta untuk memakan okashi yang rasanya sangat manis sebelum meminum ocha.

Teh yang digunakan adalah teh hijau berbentuk bubuk (Matcha). Digunakan dengan cara menyeduh dengan air mendidih dan mengaduk secara beraturan hingga berbuih menggunakan kuas bambu.



Saat menerima chawan yang sudah berisi matcha, kita harus memutar chawan tersebut searah jarum jam sebanyak 2 kali agar tak mengenai sisi chawan yang bermotif. Begitu pula setelah selesai meminum matcha, saat mengembalikan chawan, kita juga harus memutar kembali chawan tersebut sebanyak 2 kali.

Ini adalah pertama kalinya bagi saya mencoba matcha dari Jepang. Dalam Chanoyu, sebaiknya teh diminum satu kali teguk saja. Namun, karena rasanya yang sedikit pahit, saya tidak bisa meminum langsung semuanya. Entah kenapa, semua teman mengatakan matcha ini enak, tapi jujur saya kurang menyukai rasanya. Bukan karena rasanya yang pahit, tetapi ada sesuatu dari Matcha yang membuat saya enek. Tapi pengalaman melakukan Chanoyu di kampus ini benar-benar pengalaman yang patut dicoba oleh peminat kebudayaan Jepang.

Bagaimana? Apa Anda tertarik untuk melakukan Chanoyu? Di Indonesia sendiri, Japan Foundation membuka kursus Chanoyu untuk umum dengan tujuan agar masyarakat Indonesia dapat mengenal Chanoyu yang merupakan rangkaian seni dan filsafat hidup yang ditampilkan dengan tingkat kesopanan yang sangat tinggi, anggun dan tatakrama menawan.
 Info lebih lengkapnya silakan kunjungi :Kursus Chanoyu

Sumber:
”Cha No Yu”. Nuansa, April-Mei-Juni 2011, h.21-23.
http://www.tealife.biz/tag/%E7%82%B9%E5%89%8D


Share This :

0 comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Flag Counter

free counters

My Blog List

Followers